medina

Tuesday 23 April 2013

Wisata Pantai Pangandaran



Setelah mengulas tentang Pulau Dewata Bali, Sepertinya kurang bila tak mengulas Obyek wisata yang terletak di ujung selatan Jawa Barat, Pantai Pangandaran.
 Dahulu pangandaran masih masuk wilayah Kabupaten Ciamis, akan tetapi untuk kedepan karena ada pemekaran, Pangandaran memisahkan diri menjadi Kabupaten Pangandaran.

Latak Pangandaran tepatnya di Desa Pananjung Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran  Provinsi Jawa Barat dengan jarak ± 92 km arah selatan kota Ciamis dahulu masih masuk dalam wilayah Ciamis. Ciamis terkenal dengan kerajaan Galuh yang merupakan cikal bakal kabupaten Ciamis. Hari jadi ciamis tanggal 12 Juni 1642 sendiri diambil dari pengumpulan sejarah Kerajaan Galuh Ciamis. Letak Panganadaran berbatasan dengan Kabupaten Cilacap (Jawa Tengah).


Menurut Asia Rooms Pantai Pangandaran dinobatkan sebagai pantai terbaik di pulau Jawa. Menurut saya dibandingkan dengan pantai Kuta di Bali Tak kalah indahnya, hampir mirip (coba buktikan sendiri). Di pantai ini dapat melihat terbit dan tenggelamnya sang surya di tempat yang sama, Pantainya yang landai dengan air yang jernih serta jarak antara pasang dan surut relatif lama sehingga memungkinkan pengunjung untuk berenang dengan aman, terdapat hamparan pasir putih, memiliki safety guard (tim penyelamat pantai), taman laut dengan aneka ragam ikan (biota laut) yang mempesona, dan terdapat gua yang di jaman dahulu merupakan gua pertahanan tentara jepang saat Perang Dunia II berniat menyerang tentara Belanda.

Di sana terdapat empat buah goa, yaitu meliputi : Goa Lanang, Goa Rengganis, Goa Sumur Mudal, dan Goa Miring
Dinamakan Goa Lanang karena di dalamnya terdapat bantuan endapan yang berbentuk seperti kemaluan laki-laki.
Goa Rengganis, karena disana terdapat sumber mata air jernih dan tawar yang konon dahulunya menjadi tempat Dewi Rengganis mandi ketika abad kerajaan Sunda yang berpusat di Ciawi Ciamis. Barangsiapa yang mandi atau mengusap muka, konon akan segera mendapatkan jodoh. (ini mitos/cerita turun temurun dari warga).
Goa Miring, karena kalau masuk kedalamnya harus memiringkan badan sejauh 30 meter dan bila tidak, maka tidak akan bisa masuk.
Goa Sumur Mudal, karena didalamnya terdapat sumber air yang terus-menerus menetes dan ketika ditampung dengan enber atau tempat lainnya akan “mudal”, airnya tumpah karena penuh.






Saat pengunjung menghadiri pantai tersebut dapat melakukan aktivitas seperti berenang, berperahu pesiar, memancing, keliling dengan sepeda, para sailing, jet ski dan lain-lain.














Waktu kami berkunjung ke sana sore hari, munculah sekawanan rusa.. sedang mengais makanan di tempat sampah.. ... sampahnya jadi merusak gambar nih... dan pemandangan....

dan.... di awal kami sudah ditarik iuran parkir...... tapi ternyata di dalam masih dipungut parkir lagi... dan lagi.... setiap kami berpindah tempat parkir... ... he....he.....

Ritual acara tradisional yang terdapat di Pantai Pangandaran adalah Hajat Laut. Hajat Laut adalah upacara yang dilakukan nelayan di Pangandaran sebagai perwujudan rasa terima kasih mereka terhadap kemurahan Tuhan Yang Maha Esa dengan cara melarung sesajen ke laut lepas. Acara tersebut biasa dilaksanakan pada tiap-tiap bulan Muharam, dengan mengambil tempat di Pantai Timur Pangandaran.

Jika anda berkunjung antara pada bulan juli atau agustus akan mendapati festival yang diadakan setiap tahun, yaitu festival layang-layang pangandaran.





Di pantai Pangandaran wisatawan bisa bermain air, dan kalo tak ingin berbasah-basah ria bisa kok.....  narsis......








 

No comments:

Post a Comment