medina

Tuesday 25 September 2012

Wisata Bali: Monumen Niti Mandala / Bajra Sandhi




 


Sepulang dari Pantai Sanur suasana masih pagi, kami melewati Lapangan Puputan Renon atau Lapangan Niti Mandala Denpasar.
Di tengah-tengah Lapangan Puputan Renon terdapat Museum Perjuangan Rakyat Bali/Monumen Bajra Sandhi. 
Disana tampak banyak orang berlari pagi atau berolah raga sambil menikmati  segarnya udara pagi hari.
Begitupula  Kami  tak ketinggalan menyempatkan diri  untuk menikmati taman public ini yang terletak ditengah kota Denpasar, tempatnya nyaman, segar, rapi,  murah, kami hanya dikenakan biaya untuk parkir motor –motor rental hotel - Rp. 1000,- 
Di dalam Monumen Bajra Sandi terdapat Museum, di dalam museum tersebut terdapat diorama sejarah perjuangan rakyat Bali dan miniatur perjuangan rakyat Bali  dalam menentang penjajah.
Kami tidak sempat masuk ke museum tersebut karena jam 10.00 kami harus sudah  siap di Hotel untuk ikut Tour wisata ke Bali Selatan. 
Jadi bagi anda yang sedang mengunjungi Pulau Dewata Bali terlebih bila anda menginap di Hotel sekitar Denpasar, ada obyek wisata alternative yang tak ada salahnya, untuk singgah di  Monumen ini.
Selain berwisata kita juga mengenang jasa – jasa para pahlawan yang telah gugur.
Karena Bangsa yang besar terlahir dari bangsa yang tak pernah melupakan jasa para Pahlawan.

Dari sumber yang Saya baca
Asal mula Monumen ini konon berasal dari ide Dr. Ida Bagus Mantra (mantan Gubernur Bali) pada tahun 1980. Kemudian diadakan lomba desain monumen tersebut, dan dimenangkan oleh Ida Bagus Yadnya, seorang mahasiswa arsitektur Fakultas Teknik Universitas Udayana. 
Pembangunannya menghabiskan waktu selama 13 tahun, dimulai pada tahun 1988 dan selesai tahun 2001. Kemudian diresmikan dan dibuka secara umum pada bulan Juni 2003 oleh Presiden RI yang pada waktu itu dijabat oleh Ibu Megawati Soekarnoputri .
Lokasi monumen ini berada di depan Gedung kantor Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Bali, luas tanah kurang lebih 138.830 meter persegi dan luas bangunan kurang lebih 4.900 meter persegi, dan merupakan tempat bersejarah untuk menghormati para pahlawan dan perjuangan rakyat Bali (Perang Puputan) yang telah gugur, sehingga generasi penerus anak cucu kita nanti selalu mengenang jasa–jasa mereka.

Bangunan Monumen ini mempunyai desain arsitektur yang sangat khas  Bali. Terbuat dari batu alam candi yang berwarna hitam –bukan dari semen/beton- di tambah sekeliling monumen  tersebut terdapat tumbuhan hijau, menambah cantik monument tersebut.
Bagi anda yang hobi  memfoto ataupun narsis di foto, sebaiknya tak melewati monumen  ini  karena sangat unik. Jadi kalau ke sini jangan lupa bawa kamera.. yak “kamera siap, action, cisssss”…..
Bali tak hanya dikenal akan keindahan pantai, pura, pasar tradisionalnya tapi ada juga bangunan monumen  yang mengingatkan kita untuk selalu menghargai jasa para pahlawan. Jadi tunggu apalagi silahkan ke Monumen Niti Mandala y a….



Sepulang dari Pantai Sanur, menyempatkan narsis di monumen puputan dulu

Cuci muka langsung Action






Add caption





No comments:

Post a Comment