medina

Thursday 27 September 2012

Wisata Bali: GWK (Garuda Wisnu Kencana)


GWK (Garuda Wisnu Kencana)







Arti dari GWK (Garuda Wisnu Kencana) adalah Burung Garuda Kendaraan Dewa Wisnu yang diambil dari cerita “garuda & kerajaannya” dimana rasa bhakti dan pengorbanan burung Garuda untuk menyelamatkan ibunya dari perbudakan dan  akhirnya dilindungi oleh Dewa Wisnu . GWK terletak di atas dataran tinggi yang  berupa batu kapur padas tepatnya dekat Ungasan di kawasan Bukit Jimbaran dengan luas area GWK 250 hektar. Dari Denpasar hanya berjarak 25 km. Pemandangan yang di tawarkan wisata ini sangat mempesona serta alami karena bisa memandang kawasan wisata dipesisir selatan Bali. Pada malam hari bisa menikmati kerlap-kerlip lampu di bagian bawah kawasan wisata selatan Bali misalnya seperti Jimbaran, Benoa dan juga Kuta.
GWK Didesain oleh I Nyoman Nuarta, dengan tinggi dari patung tersebut 140 meter, mulai dibangun pada tahun 1997. Proyek pembangunan ini berhenti karena berbagai kendala, terutama dalam hal pendanaan. Patung yang baru selesai pembuatannya yaitu, Setengah badan Dewa Wisnu, Kepala Burung Garuda, Tangan Dewa Wisnu.
Patung ini diproyeksikan untuk mengikat tata ruang dengan jarak pandang sampai dengan 20 km sehingga dapat terlihat dari Kuta, Sanur, hingga Nusa Dua , bahkan di prediksikan sampai pulau Madura/jembatan Suramadu. Oleh karena itu dari Provinsi Bali, rencana kedepan kawasan ini akan menjadi Landmark  bagi pariwisata Bali dan Indonesia pada umumnya.
Pembuatan GWK mempunyai maksud, diharapkan mampu menjadi symbol kebudayaan yang dapat menjaga keseimbangan alam semesta.
Didalam masyarakat hindu, dalam Tri Murthi-nya dimana Dewa Wisnu bertugas sebagai pemelihara alam semesta dan Burung Garuda sebagai kendaraan Dewa Wisnu merupakan symbol dari pengabdian yang tanpa pamrih.
Sehingga GWK diharapkan sebagai symbol dari Penyelamat Lingkungan.
                                                                                                                                  
Dari GWK obyek wisata selanjutnya yang bisa di tuju yaitu Dreamland, Uluwatu dengan pura dan Tari kecaknya

Di Kompleks lapangan GWK sering dipakai untuk konser/pertunjukkan music, atau launching sebuah perusahaan di Bali.  

Tempat ini juga sangat cocok untuk foto prawedding, ataupun untuk sekedar narsis seperti saya. Bahkan sering di buat untuk lokasi film serial FTV.
Saat saya kesana sedang ada pengambilan adegan sebuah film untuk FTV.





















No comments:

Post a Comment